LS NEWS UPDATE

Ngantuk, Godaan Terberat Tarawih di Masjid Ampel

Love Suroboyo – Ramadhan tiba, saatnya berlomba meraih pahala. Tiap orang berhak memilih bagaimana ia ingin mencari pahala di bulan mulia ini. Salah satunya menjalankan sholat sunnah Tarawih dan Witir.

Salah satu masjid yang bisa jadi pilihan sholat jama’ah Tarawih yaitu di Masjid Ampel. Sebelum itu, kalian harus tau kalau jam berakhir sholat tersebut sekitar pukul 21.30. Lama banget ya! Walau begitu masih banyak lho makmumnya.

Suasana tarawih di masjid Ampel

Berikut ini beberapa hal yang menjelaskan mengapa sholat Tarawih di masjid tertua kedua setelah masjid Jami’ Peneleh ini sangat lama, yaitu :
1. Sholat Isya’ yang biasa dimulai pukul 18.45-an mundur sampai pukul 19.30-an
2. Bacaan setelah Al-Fatihah bukab surat pendek. Melainkan 1 Juz Al-Qur’an setiap malamnya. Jadi satu rakaat menghabiskan minimal satu lembar bacaan Al-Qur’an. Bagus nih untuk para hafidz dan hafidzah yang mau menyimak bacaan untuk melatih hafalan.
3. Jumlah rakaatnya 23. Bukan berarti yang sholat 11 rokaat tidak diperbolehkan sholat disini. Boleh koq, tinggal pilih setelah sholat Tarawih 8 rakaat mau sholat witir di rumah atau menunggu hingga imam sholat witir nantinya.

Durasi waktu yang lama juga mendatangkan godaan yang bisa mengganggu khusuknya sholat. Mulai dari lelah, pegal hingga mengantuk. Salah satu godaan paling berat yaitu mengantuk. Bagaimana tidak? Dengan durasi waktu yang lama kemudian mendengarkan suara imam yang merdu mendayu membuai telinga dan mata. Suatu ketika ada seorang ibu yang jatuh di tengah berdirinya. Jama’ah lain mengira kalau beliau meninggal. Namun ternyata mengantuk berat. So, untuk shobat muslim-muslimah kalau mau sholat disini siapkan stamina ya.

Selamat menjalankan ibadah puasa untuk umat Islam. Semoga puasa kita diterima dan bertemu dengan hari yang fitri. (um)

Foto dan liputan by @ana.aku

Update info terkini seputar surabaya follow @lovesuroboyo dan update agenda komunitas follow @komunitaslovesuroboyo.

One Comment

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.