SEJARAH

Selusuri Jejak Penghuni Makam Belanda Peneleh

Selusuri Jejak Penghuni Makam Belanda Peneleh

Cuplikan Cover Buku Register Makam Belanda
 Gambar 1. Buku Register Makam Peneleh

Surabaya – Pembuatan buku makam peneleh “De begraafplaats Peneleh”, oleh komunitas #lovesuroboyo kali ini telah sampai pada penelusuran dokumentasi autentik berupa buku register makam Peneleh , Selasa 25/7/17

Penelusuran di Museum Surabaya yang terletak di Jl. Tunjungan no 1-3 lt 1 gedung eks Siola bersama tim peneleh cak KR Dio Yulian Sofansyah ahli sejarah , Khukhu Arisetyawan , Chrisyandi Tri Kartika , Dillah Sahila berhasil mendokumentasikan 2 buku register dan satu blue print konsep arsitektur awal sebelum dibangunnya makam peneleh oleh Belanda .

Buku register makam Peneleh merupakan buku catatan tentang nama-nama para petinggi Surabaya dan merupakan tempat Makam Peneleh merupakan makam peninggalan pemerintah Hindia Belanda di tempat ini banyak para petinggi Surabaya pada masa pemerintahan Hindia Belanda yang telah dimakamkan .

Penelusuran Buku Register di Museum Surabaya
Gambar 2. Mendokumentasikan Buku Register

salah satunya adalah PJB De Peres  ( 1843  – 1853 ) yang menjabat sebagai Residen ke-6 (setingkat gubernur atau adipati).

Catatan tentang nama ,  tanggal kematian tersusun rapi dalam register tersebut dalam kurung waktu antara tahun 1843 sampai 1953.

Buku ini masih tersimpan rapi di Museum Surabaya sejak 3 mei  2015  yang sebelumnya disimpan di dinas kebersihan dan pertamanan kota Surabaya.

Sempat terjadi diskusi keren dengan cak KR terkait buku register dan blue print yang tidak sama dengan yang dimiliki Eddy Samson,  ada bagian bawah yang belum ada pada blue print dan tahun pencatatan terakhir di buku register dihubungkan dengan sejarah pendudukan Belanda di Indonesia.

” Sangat menarik dan penuh tantangan dalam menyusuri sejarah makam peneleh yang akan segera dibukukan oleh komunitas #lovesuroboyo ” Ujar Dio ( Bunda Tri )

Post Comment