BUDAYA KEGIATAN LS NEWS UPDATE

Umat Hindu di Surabaya Gelar Upacara Melasti

Love Suroboyo – Ribuan umat Hindu di Surabaya dan sekitarnya gelar upacara Melasti jelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 yang di pusatkan di Pura Agung Jagat Karana dan laut Arafuru komplek Akademi Angkatan Laut (AAL), pagi tadi Minggu 11 Maret 2018. Suara musik dari gamelan Bale Ganjer berkumandang tiada hentinya. Ada nuansa Bali seakan hadir di Kota Surabaya, terlebih banyak umat Hindu itu datang dengan mengenakan pakaian tradisional khas Bali

Melasti adalah upacara pensucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu. Upacara Melasti digelar untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan. Upacara Melasti dilaksanakan di pinggir pantai dengan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu dan membuangnya ke laut. Di Surabaya sendiri, upacara Melasti dilakukan di laut Arafuru. Dalam kepercayaan Hindu, sumber air seperti danau, dan laut dianggap sebagai air kehidupan (tirta amerta). Selain melakukan persembahyangan, upacara Melasti jugamerupakan pembersihan dan penyucian benda sakral milik pura  (pralingga atau pratima Ida Bhatara dan segala perlengkapannya). Benda-benda tersebut diarak dan diusung berkeliling.

Dalam Babad Bali, Melasti, juga disebutkan merupakan rangkaian dari hari raya Nyepi dan Melasti juga disebut juga melis atau mekiyis bertujuan untuk :

  • Melebur segala macam kekotoran pikiran, perkataan dan perbuatan, serta memperoleh air suci (angemet tirta amerta) untuk kehidupan yang pelaksanaannya dapat dilakukan di laut, danau, dan pada sumber / mata air yang disucikan.
  • Bagi pura yang memiliki pratima atau pralingga seyogyanya mengusungnya ke tempat patirtan tersebut di atas. Pelaksanaan secara ini dapat dilakukan beberapa hari sebelum dilaksanakanya tawur kesanga untuk memohon kepada Tuhan untuk kesejahteraan alam lingkungan menjelang pergantian tahun saka.

Sumber : Ditulis ulang dari http://inputbali.com (Shandy-Anggita)

Foto by @rachmad_juliantono @charlychaplin30 @ach_muchlison

Update info terkini seputar kota Surabaya Follow @lovesuroboyo

Post Comment