LS NEWS UPDATE

6 Dampak Positif Mewabahnya Covid-19

covid-19

Hai LS Lovers!
Apa kabar kalian? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Sudah sebulan lebih Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Makin hari keadaan jadi makin meresahkan, tetapi seperti apa pun keadaannya harus tetap selalu berpikir positif dan yakin bahwa pandemi Covid-19 akan berlalu.

Tau enggak sih kalian bahwa ternyata banyak dampak baik lo dari bencana pandemi Covid-19 ini? Nah, kali ini Love Suroboyo akan memberikan perspektif lain dari adanya wabah Covid-19 ini. Supaya kalian bisa bangkit dan tetap mempunyai pikiran yang positif agar dapat menumbuhkan imun yang baik pula. Yuk simak apa saja sih dampak baik dari bencana pandemi ini.

Berkurangnya polusi udara

dok foto : Freepik


Dikarenakan penyebarannya yang sangat cepat, pemerintah pada akhirnya mengeluarkan kebijakan menjaga jarak dan larangan keluar rumah. Peraturan ini membuat jalanan di perkotaan lenggang bahkan sepi. Negara yang menerapkan kebijakan ini pertama kali adalah China. China dikenal dengan penduduk terpadat di dunia tentunya memiliki tingkat mobilitas yang cukup tinggi. Hal ini, lantas membuat polusi udara di negeri tirai bambu sangat tinggi. Sejak diterapkannya larangan keluar rumah, NASA menemukan perubahan yang signifikan pada polusi udara di China. Bukan hanya China, Indonesia pun mengalami hal yang sama, hal itu bisa dibuktikan dari pemandangan langit bersih yang bisa dilihat beberapa daerah seperti Jakarta, Surabaya dan kota lain.

Waktu bersama keluarga lebih banyak

dok foto : freepik


Adanya peraturan bekerja dari rumah (work from home) membuat banyak orang memiliki waktu di rumah lebih dari biasanya. Bukan hanya para pekerja, melainkan anak sekolah juga dianjurkan untuk belajar di rumah. Hal ini, tentunya membuat seluruh keluarga berkumpul di rumah dan dapat melakukan banyak kegiatan bersama.


Me time

dok foto : freepik

Tak hanya berkumpul dengan keluarga, tetapi kita juga dapat melakukan kegiatan yang sebelumnya tertunda karena tidak ada waktu yang cukup. Kita bisa menggunakan kesempatan seperti ini dengan mendalami hobi yang sudah ada atau mencari hobi baru. Banyak cara untuk mengusir rasa bosan. Salah satunya, bisa mencoba membuat makanan yang mudah dan melakukan variasi sesuka hati. Selain itu, juga bisa mencoba membuat cover lagu. Tak hanya bertujuan untuk mengasah kemampuan bermusik, tetapi juga bisa belajar untuk lebih percaya diri.


Membangkitkan rasa peduli sesama

dampak positif covid-19
Dok foto : Love Suroboyo

Pandemi Covid-19 ini membuat banyak orang menderita. Banyak yang kehilangan pekerjaan bahkan para pengusaha UMKM pun ikut menutup usaha kecilnya. Oleh karena itu, banyak pula masyarakat yang merasa simpati dan berbondong-bondong melakukan aksi sosial untuk membantu sesama.

Lebih berhemat

dok foto : freepik


Sering kali uang dihabiskan untuk keperluan yang tidak penting. Namun, dengan adanya Social Distancing yang melarang untuk berpergian ke tempat umum, seperti mall, supermarket dll. Dengan begitu, bisa menahan diri tidak menghabiskan uang belanja dan pastinya jadi lebih berhemat kan?


Lebih sadar akan menjaga kesehatan dan kebersihan

dok foto : freepik

Sebelum pandemi Covid- 19 merajalela, sering kali kesehatan begitu saja diabaikan. Sering jajan sembarangan, pola makan & tidur yang tidak teratur, serta kurang menjaga kebersihan diri. Namun, sekarang disadarkan akan pentingnya untuk menjaga kesehatan & kebersihan diri.

Nah, itulah beberapa dampak positif dari pandemi Covid-19 ini. Tetap bersyukur & berpikiran positif ya, LS Lovers. Semoga bencana ini segera hilang. Agar kita semua bisa melanjutkan kegiatan seperti sedia kala. Aamiin.

Penulis & editor by tim content writer Komunitas Love Suroboyo

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.