BLUSUKAN LS NEWS UPDATE SEJARAH

Aksi Komunitas Penggiat Sejarah bersama Masyarakat sebagai kepedulian terhadap Benteng Kedung Cowek

Love Suroboyo bersama komunitas lainnya melakukan aksi bersih bersih benteng Kedung Cowek, Minggu 16 Juni 2019. Kegiatan yang digagas oleh Rooderburg Soerabaia ini juga diikuti oleh masyarakat dan TNI.

Menurut Mas Adi, yang merupakan penggagas Rooderburg Soerabaia, kegiatan ini menunjukan bahwa masyarakat Surabaya masih peduli dengan keberadaan benteng bersejarah peninggalan Belanda.

”Kita ingin memberi kesadaran pada masyarakat tentang keberadaan benteng ini dengan cara mengedukasi mereka lewat kisah bersejarah dari benteng Kedung Cowek ini. Diharapkan masyarakat yang mengikuti kegiatan ini, bisa ikut turut serta mengedukasi ke teman atau kerabat lainnya,” Ujar Adi Setiawan ketika diwawancarai reporter Love Suroboyo tentang tujuan diadakannya kegiatan ini
.
Mas Adi juga menambahkan, untuk harapan ke depannya tujuan diadakan kegiatan ini adalah pemerintah segera mengambil tindakan untuk menetapkan kawasan benteng Kedung Cowek sebagai situs yang bersejarah sesuai undang undang cagar budaya. Sebagaimana diketahui bersama, Benteng Kedung Cowek ini masih belum masuk sebagai situs cagar budaya kota Surabaya.
“Kami kurang mengetahui masalah sebenarnya itu apa? Semua berhentinya di Disbudpar. Tahun 2015,kami sudah diundang presentasi dan kami sudah paparkan semuanya dan sudah menyerahkan data datanya, tapi nyatanya sampe saat ini, mereka tidak memberikan pernyataan apapun. Untuk ke depannya, setiap kegiatan yang kami adakan seperti diskusi di hotel Majapahit sampai kegiatan hari ini, kami selalu mengundang mereka, terutama Disbudpar. Harapan kami mereka bisa bersinergi dengan komunitas penggiat sejarah ini. Kami tidak menyalahkan pemerintah dalam hal ini Disbudpar. Kami hanya ingin membantu. Data data riset yang telah dilakukan telah kami serahkan kepada mereka untuk memudahkan mereka. Kami hanya berharap data yang kami berikan ditindak lanjuti dengan benar. Masa’ dari 2015 sampai sekarang tidak ada tindak lanjut malah memberi statment bahwa benteng ini peninggalan Jepang,” tambahnya.

Penetapan benteng Kedung Cowek sebagai cagar budaya ini dipandang sangat penting. Sebab, dengan menetapkan bangunan ini sebagai cagar budaya, nilai sejarah dari benteng Kedung Cowek ini bisa terjaga dan tidak akan mudah hilang. Tanpa status cagar budaya dari pemerintah, maka bangunan tersebut bisa dirobohkan dengan segera

Reporter : Abid Aboned
Tulisan : YR27

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.