PERSEBAYA

Evaluasi atau Jatuh Terbenam

Love Suroboyo – Hari Ini Persebaya akan melakoni laga awal di putaran ke 2 Liga 1 tahun 2018 melawan tuan rumah Perseru Serui. Suatu Pertandingan yang tidak mudah akan dilakoni oleh para punggawa Bajul Ijo yang berangkat ke Serui hanya bermaterikan 16 pemain. Hasil laga ini menurut penulis mutlak untuk dimenangkan oleh para pemain Persebaya.

Punggawa bajol ijo melawan tuan rumah Perseru Serui

Mengapa saya bilang mutlak di menangkan ? Tak lain adalah posisi Persebaya saat ini yang berada hanya 2 setrip diatas zona degradasi. Suatu posisi yang tentunya tidak mengenakan bagi para pendukung setia Persebaya BONEKMANIA. Dulur Bonek sudah berulang kali mengutarakan ketidak puasaannya terhadap permainan Persebaya dan meneriakan #AVOUT , sebuah tuntutan agar pelatih Alfredo Vera mengundurkan diri sebagai pelatih kepala Persebaya.

Sebagai Penulis yang sangat mencintai Persebaya, tuntutan yang dilontarkan oleh para dulur bonekmania ini saya anggap sangat wajar. Bila dilihat dan dicermati, para bonekmania ini tentunya mempunyai ekspektasi yang begitu besar terhadap kiprah Persebaya di liga 1 tahun ini. Ekspektasi tersebut didasarkan pada prestasi Persebaya musim sebelumnya yang berhasil meraih juara liga 2 di Bandung, meskipun sebenarnya persaingan di liga 2 dan liga 1 sangatlah berbeda dan tentunya lebih keras di Liga 1.

Manajemen Persebaya

Dari jajaran manajemen pada awal musim dan hingga saat ini pun selalu menegaskan bahwa target Persebaya musim ini adalah papan tengah sekaligus membina para pemain muda mereka untuk bisa dijadikan pondasi skuad Persebaya di masa mendatang. Namun Bagi Bonek alasan tersebut bukan berarti menjadi pembenaran atas posisi Persebaya saat ini.

Dulur Bonek lebih melihat tidak adanya formasi yang baku dari coach Alfredo Vera dan tidak adanya semangat ciri khas arek SUROBOYO didalam skuad Persebaya kali ini. Memang pergantian formasi menjadi hak wewenang sepenuhnya dari pelatih kepala sebuah tim sepakbola. Tetapi jika dilihat rotasi yang diterapkan oleh coach Alfredo Vera ini cenderung tidak masuk akal. Seringkali beberapa pemain tidak bermain di posisi idealnya sehingga menyebabkan permainan yang kurang maksimal dari Persebaya sejauh ini.

Oleh karena itu dulur bonek pun lantang menyerukan kepada jajaran manajemen Persebaya untuk segera berbenah dan melakukan evaluasi terhadap kinerja pelatih beserta jajarannya. Sebuah evaluasi yang menurut penulis penting mengingat ruh permainan Persebaya pada musim ini seakan hilang. Persebaya seperti tidak mempunyai nyawa dalam setiap permainan sepakbola yang mereka mainkan selama putaran pertama ini.

Putaran kedua yang akan dimulai hari ini pun akan sangat dicermati oleh dulur bonek. Bila team Persebaya kali ini kembali meraih hasil negatif, maka penulis tidak bisa menyalahkan apa yang selama ini diserukan oleh dulur dulur bonek. #AVOUT bisa jadi bukan hanya menjadi gerakan di media sosial melaikan gerakan yang akan terjadi di dunia nyata. Bagi bonek, evaluasi atau semakin jauh terbenam di zona degradasi. Semua demi kejayaan PERSEBAYA SELAMANYA

Salam Satu Nyali

WANI

 

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.