LS NEWS UPDATE

Kebiasaan yang Hilang Selama Ramadan karena Pandemi Covid-19

ngabuburit, bagi-bagi takjil, sosial, ramadan


Marhaban Ya Ramadan 1441 H. Umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Namun, ada yang berbeda dengan bulan Ramadan tahun ini karena umat muslim harus berpuasa di tengah pandemi Covid-19

Adanya pandemi Covid-19 ini membuat pemerintah menerbitkan beberapa aturan terkait kegiatan selama bulan Ramadan. Akibatnya, terdapat beberapa hal yang hilang di Ramadan tahun ini karena dilarang oleh pemerintah. Berikut beberapa hal yang hilang pada Ramadan tahun 2020.

Ibadah di masjid

Dok foto Dedy Ayub

Lazimnya di bulan Ramadan, banyak orang berlomba untuk melakukan ibadah di masjid, seperti sholat tarawih, tadarus, dan iktikaf, tetapi tahun ini masjid-masjid menjadi sepi. Sebab pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan ibadah di masjid, melainkan dianjurkan untuk melaksanakan ibadah di rumah masing-masing demi memutus rantai penyebaran Covid-19.


Buka bersama

Dok foto : Love Suroboyo

Bukber atau buka bersama merupakan kegiatan yang tidak pernah lepas selama bulan Ramadan. Bukber bisa menjadi momen untuk menyambung silaturahmi dengan teman teman, baik itu teman kantor, komunitas, kampus, hingga gebetan. Namun, pada Ramadan kali ini bukber tidak bisa dilakukan karena pemerintah telah melarang rumah makan melayani makan di tempat.


Mengabuburit

Dok foto : Love Suroboyo

Mengabuburit adalah kegiatan yang dilakukan menjelang berbuka puasa. Banyak hal yang bisa dilakukan seperti jalan-jalan, nongkrong, bagi-bagi takjil, berburu takjil, mengaji dan lain sebagainya. Pada Ramadan kali ini, mengabuburit tidak akan seramai seperti biasanya karena pemerintah melarang adanya kerumunan warga. Sebagai gantinya, bisa dilakukan di rumah dengan cara masing-masing.

Penjual Takjil

Dok foto : Google


Takjil merupakan sesuatu yang banyak dicari oleh orang-orang selama bulan Ramadhan, banyak yang menjual takjil sebagai hidangan untuk berbuka puasa, biasanya sore menjelang berbuka puasa bisa kita temui di pinggir jalan yang ramai dipenuhi penjual dan pembeli.


Sahur on the road

Sahur on the road merupakan aktivitas yang hanya ada di bulan Ramadan, biasanya dilakukan secara berkelompok. Kegiatan ini dilakukan dengan membagikan hidangan sahur ke orang-orang yang kurang mampu di jalan agar mereka tetap bisa bersantap sahur. Di Ramadan kali ini, sahur on the road nampaknya tidak lagi dilakukan karena akan menyebabkan kerumunan.

Mudik

dok foto : google (tirto.id)


Mudik merupakan tradisi menjelang idulfitri yang hanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Sebagian orang akan berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, tradisi tersebut tidak bisa dilakukan pada Ramadan tahun ini karena pemerintah telah membuat aturan larangan mudik untuk mencegah penyebaran virus yang semakin luas. Selain itu, semua transportasi umum pun telah meniadakan perjalanan jarak jauh antarkota.

Nah, pasti rindu kan dengan beberapa hal di atas. Jangan sedih, mari sama-sama berdoa semoga pandemi ini segera berakhir dan bisa beraktivitas normal lagi seperti dulu. Tetap semangat menjalani ibadah puasa ya.

Penulis & editor : Komunitas Love Suroboyo

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.