LS NEWS UPDATE

Love Suroboyo Ikuti Riset dari Jepang

Love Suroboyo – Pada tanggal 30-31 Maret 2018 dan 7 April 2018, Love Suroboyo berkesempatan untuk berpartisipasi dalam riset jalan stasiun pasar turi yang diadakan oleh Mas Setyo. Pemuda lulusan ITS angkatan 2003 tersebut saat ini merupakan mahasiswa S3 dari Hiroshima university, Mobility and Urban Policy Laboratory, Jepang. Riset ini bertujuan untuk menghubungkan bagaimana transportasi memberikan dampak lingkungan maupun sosial di sekitar lokasi tersebut.

Ada dua sesi dalam riset ini, yaitu walking session dan workshop. Pada walking session, peserta harus berjalan kurang lebih 3 km mengelilingi rute yang sudah ditentukan (Jalan Semarang-Jalan Tembaan-Jalan Kramat Gantung-Jalan Kraton-Jalan Pahlawan-Jalan Bubutan-Jalan Raden Saleh). Peserta wajib mengambil foto minimal 10 foto yang disuka dan 10 foto yang tidak disuka di sepanjang jalan.

Bagian paling menarik adalah ketika melewati deretan bangunan lawas yang berada mulai dari kawasan Kramat Gantung,  jalan Pahlawan, jalan Kraton hingga jalan Bubutan. Berada di kawasan tersebut, nuansa masa lalu dari Surabaya begitu kuat tergambar di dinding – dinding bangunan lawas tersebut. Berikut beberapa hasil foto yang diambil oleh perwakilan dari LS dari kawasan tersebut.

Bangunan lawas di jalan Kramat Gantung
Gang Keraton
Gapura yang diduga merupakan sisa sejarah Keraton di Surabaya
Hoofdbestuur Nahdlatul Ulama (Kantor PCNU Surabaya Jalan Bubutan)
Rumah lawas bernuansa keraton di jalan bubutan

Setelah sesi pertama berakhir, terdapat sesi workshop untuk menggali lebih dalam terkait persepsi kolektif peserta. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang kemudian berdiskusi tentang kesan terhadap perjalanan saat mengambil foto di sepanjang rute walking session. Peserta kembali harus memilih 10 foto yang tak disuka dan disukai tapi atas nama kelompok, kemudian dilanjutkan dengan presentasi kelompok.

Foto yang telah dipilih
Presentasi salah satu kelompok

Usai presentasi seluruh kelompok, maka berakhir sudah rangkaian riset stasiun yang diadakan oleh Mas Setyo tersebut. Pada tanggal 16 April mendatang, Mas Setyo akan kembali ke Jepang untuk melanjutkan riset tersebut lebih mendalam lagi. Tak lupa tim duo dari Love Suroboyo berfoto dengan Mas Setyo sebagai kenang – kenangan. (Anggita)

Anita-Mas Setyo-Anggita

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.