SEJARAH

Mengenang Monumen Pers Perjuangan Nasional Surabaya

Love Suroboyo – Hari Pers Nasional yang diperingati tiap tanggal 9 Februari memiliki makna tersendiri bagi kota Surabaya. Kota yang juga dijuluki sebagai “Kota Pahlawan” tersebut, memiliki bangunan Monumen Pers Perjuangan Surabaya, yang berada di kompleks Tunjungan Plaza. Biasanya bangunan ini di gunakan sebagai patokan jalan yang berada di tengah kota. Monumen yang masih kokoh berdiri ini memiliki banyak cerita sejarah karena termasuk salah satu bangunan cagar budaya. Monumen Pers ini pun berada tak jauh dari Hotel Majapahit yang termasuk salah  satu cagar budaya di Surabaya.

Tahun 1938 Monumen Pers perjuangan sebelumnya hanya bangunan toko  biasa yang memiliki dua lantai bergaya “Art Deco”. Didalam Monumen Pers ini terdapat prasasti yang bertuliskan “Di Gedung Ini Tunjungan 100 pada tanggal 1 September 1945 didirikan Kantor Berita Indonesia / Antara yang mengabdikan perjuangannya untuk kemerdekaan Republik Indonesia.”  Inti dari prasasti tersebut adalah gedung yang dijadikan Monumen Pers perjuangan para wartawan Indonesia yang dulu pernah mendirikan Kantor Berita Indonesia cabang Surabaya (ANTARA) pada tanggal 1 September 1945. Para wartawan tersebut dulunya bekerja di Kantor Berita Jepang Domei.

Banyak peninggalan Jepang yang di manfaatkan oleh para wartawan (seperti pesawat radio, transmitter, dkk). Kantor ANTARA didirikan oleh A.M. Sipahoetar, Mr. Soemanang, Adam Malik dan Pandoe Kartawigoena.

Menurut cuplikan yang dilansir dari situsbudaya.id, dalam masa perjuangan kemerdekaan, keberadaan kantor berita sangat penting karena segala informasi terbaru berawal dari sini. Berita-berita kemerdekaan bisa tersebar ke berbagai pelosok negeri, karena kegigihan perjuangan dalam kemerdekaan bangsa dapat diketahui banyak orang dari berbagai negara. Oleh karena itu, gedung ini  dijadikan sebagai cagar budaya kota Surabaya yang saat ini kita kenal sebagai Monumen Pers Perjuangan Surabaya. (Octa)

Foto oleh Soerabaja Tempoe Doeloe, @edoniarjerypratama

 

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.