LS NEWS UPDATE

Renungan 73 tahun Indonesia merdeka

Love Suroboyo – Tak Terasa Negara kita besok akan bertambah usia. Yup NKRI akan ber dirgahayu yang ke 73 tahun. Tujuh Puluh Tiga Tahun usia yang bisa dibilang masih dalam fase remaja bila diukur dalam umur seorang manusia.

Pada jaman dahulu, para pahlawan mengusahakan kemerdekaan melalui perjuangan mengangkat senjata demi membela tanah air nya. Mereka rela berkorban nyawa agar negara yang mereka yakini sebagai tanah air, bisa lepas dari belenggu penjajahan bangsa asing.

Kini apa yang dicita citakan oleh para pendahulu kita telah tercapai dan tidak terasa sudah 73 tahun kita sudah menjalaninya sebagai bangsa yang mempunyai kedaulatan kita sendiri. Pertanyaan yang mendasar, apakah kita sekarang semua sudah merasa merdeka ?

Bila dilihat kondisi sekarang, menurut penulis kita sepenuhnya belum merdeka. Ekonomi kita masih dalam kendali kondisi eksternal. Kurs rupiah gampang sekali terseret oleh isu isu global yang ada di dunia. Pondasi ekonomi Indonesia belum sepenuhnya kuat.

Dilihat dari segi persatuan dan kesatuan bangsa, agaknya kita perlu menengok lagi ke belakang apa yang telah dilakukan oleh para pahlawan kita. Mereka bersatu memperjuangkan negara ini tanpa melihat apa suku kamu..atau apa agamamu. Sekarang ini boleh dibilang sentimen SARA menjadi salah satu ancaman terbesar keutuhan negara ini. Ada berita sedikit menyangkut SARA akan mudah sekali memecah persatuan yang sudah terbentuk di masyarakat. Ini juga membuktikan bahwa belenggu akan isu SARA akan terus menghantui negara kita.

Dilihat dari kebebasan informasi, Penulis melihat kemajuan arus informasi yang pesat ini bila tidak di filter dengan baik maka bisa menjadi ancaman bagi negeri ini. Berita berita HOAX semakin tidak terkendali di masyarakat. Para pembuat berita HOAX seakan tidak memperdulikan kondisi bangsa. Yang mungkin ada dipikiran mereka adalah berita HOAX yang mereka ciptakan akan cepat tersebar di masyarakat dan mungkin akan berakibat ke trafic web yang mereka buat. Ini membuktikan bahwa bangsa kita masih terbelenggu oleh arus informasi yang sudah liar.

Dari uraian diatas, sebenarnya apa sih arti kata merdeka ? Merdeka menurut KBBI dapat diuraikan sebagai berikut mer-de-ka /merdéka/ a 1 bebas (dr perhambaan, penjajahan, dsb); berdiri sendiri, tidak terkena atau lepas dr tuntutan, tidak terikat, tidak bergantung kpd orang atau pihak tertentu; leluasa. Namun yang perlu ditekankan kembali merdeka di sini bukan berarti bebas melakukan apa dan tanpa aturan. Semua tetap pada pendirian merdeka yang bertanggung jawab.

Usia bangsa Indonesia yang sudah memasuki 73 tahun seyogyanya menjadi momentum untuk memperbaiki segalanya. Apalagi tahun ini dan tahun depan bisa dikatakan sebagai tahun politik, tahun yang sangat rawan untuk bangsa ini. Berbagai macam isu siap digoreng demi kekuasaan. Namun kita sebagai bangsa yang merdeka seharusnya sudah bisa lepas dari belenggu isu isu yang bisa memecah belah NKRI. Informasi apapun seyogyanya disikapi dengan bijak.

Dirgahayu Negriku yang ke 73 tahun. NKRI jaya. (Yosia)

Sumber foto by @lovesuroboyo (Fajar)

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.