KARYA

Steel Wool Photography

Steel Wool Photography

Steel Wool Photography  @gilangsatoto

Surabaya – Gelapnya lokasi wisata THP pantai lama kenjeran . Berlatar belakang  indahnya Destinasi Jembatan Suroboyo yang sangat fenomenal jadi pilihan puluhan fotografer bermain api untuk mengeksplor tekhnik Steel Wool Photography , Rabu 28/7/17

Hunting yang digagas oleh komunitas love suroboyo dengan mengajak beberapa follower sebagai ajang mengasah keahlian fotografi instagramable ini menjadi progam yang sudah lama ditunggu fotografer surabaya.

Usai mempersiapkan segala sesuatunya beberapa fotografer mengambil posisi masing-masing dengan menyetting kamera sesuai kebutuhan , sebelumnya itu master fotografi mas @Ribut dan @Imam memberikan beberapa ilmunya kepada fotografer yang lain

Dengan cekatan salah satu peserta Steel Wool Photography menyiapkan steelwool yang sengaja dipersiapkan sebelumnya  dibeli dari toko bangunan , lebih tepatnya alat untuk mengikis karat , sengaja yang dipilih nomor yang paling kecil atau yang paling halus ada juga yang dikombinasikan antara yang paling kecil dan yang paling halus.

Salah satu kunci utama keberhasilan fotografi teknik  Steel Wool Photography  tergantung pada kamera,  tripod , relawan pemutar steel wool dan  lokasi yang asyik seperti pantai lama kenjeran dengan latar belakang jembatan suroboyo.

” Tripod menjadi syarat utama pengambilan gambar agar gambar yang diambil hasilnya sempurna , tidak goyang atau ngeblur ” terang gilang penanggung jawab acara dari komunitas lovesuroboyo

Steel Wool Photography  @gilangsatoto

 

Setting kamera dengan mode manual mulai dilakukan di kamera masing-masing dibantu master satu persatu terlihat konsentrasi tinggi mengatur aperture,  shutter speed dan ISO terendah antara 100 sampai 200 .

Sedangkan aperture yang  dipasang antara f8 sampai dengan f16 tergantung kebutuhan shutter speed nya disesuaikan dengan exposure.

Seorang relawan pemutar steel wool telah menyalakan steelwoolnya dengan korek api yang telah disiapkan lalu diputar putar sambil berjalan dengan kecepatan putaran yang kuat tanpa henti hingga nyala api di steel wool habis .

Jembatan Suroboyo   @gilangsatoto

Gilang yang berprofesi sebagai drone man trans 7 program jejak petualang terlihat Asyik memainkan drone yang dia bawa dengan mengambil beberapa gambar jembatan suroboyo dari ketinggian  maksimal  dan dari segala arah .

Beberapa fotografer terlihat kurang puas dengan hasil bidikannya karena salah komposisi setting  kameranya kurang pas maka hasil yang diinginkan juga kurang maksimal .

Salah satunya karena  kebanyakan menggunakan shutter speed sekitar 20-25 secs pada iso200 f11White balance : tungsten – ini dibutuhkan untuk membuat langit lebih biru, lebih disarankan menggunakan RAW supaya bisa dilakukan pengaturan lanjut nantinya

Kendala kedua ketidak suksesan hasil yang ingin dicapai dari sebuah foto dengan tekhnik steel wool adalah lokasi yang terlalu terang dari cahaya lampu jembatan suroboyo mendominasi.

Solusinya sambil menunggu lampu jembatan suroboyo dipadamkan , mereka mengeksplor dengan berbagai pola dan lokasi yang berbeda utamanya dicari lokasi yang gelap, sebab lokasi yang terang membuat kontrol exposure agak menjadi challenge.

Tepat pukul 20.00 lampu jembatan suroboyo dipadamkan , salah satu peserta yang mengambil posisi terjauh mengambil senter untuk membantu proses focusing dan ada beberapa yang menggunakan flash dalam mode manual untuk membantu mengisi cahaya yang ada karena lokasi gelap.

Jembatan Suroboyo   @gilangsatoto

Setelah semua siap , senter diarahkan ke relawan yang akan memutar steel wool . para fotografer terlihat melakukan focusing dan memindahkan ke mode manual focus untuk lock focus.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus caranya dengan memutar sekali dua kali , baru tekan tombol shutter, supaya putaran lebih sempurna .

 ” kreatifitas untuk mencari bentuk bentuk putaran yang unik juga mempengaruhi hasil jepretan , dan yang perlu diingat bagi peserta yaitu jaga jarak atau gunakan lensa tele sebab  percikan steel wool bisa berbahaya ” lanjut gilang   ( Bunda Tri  )

Ini beberapa hasil steelwool karya   @diditbagus  yang sangat artistik dan luar biasa 

 @diditbagus

   @diditbagus

  @diditbagus

   @diditbagus

  @diditbagus

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.