LS NEWS UPDATE

Unjuk Gigi Pendekar Anti Geni

Hari ini (7/8), sebanyak 90 anggota pemadam kebakaran mengikuti kegiatan pelatihan yang  bertujuan untuk melatih kecepatan waktu dalam hal penanganan kebakaran. Kegiatan ini dilaksanakan di Dinas Damkar UPTD V yang berlokasi di Jalan Margomulyo. Kegiatan diawali dengan apel pagi yang dimulai pada pukul 07.00 WIB. Setelah itu, pada pukul 11.00 WIB kegiatan dilanjutkan dengan sesi praktik.

Persiapan pelatihan

Sesi ini dimulai dengan praktik melipat Air Cushion, suatu kasur udara raksasa yang berukuran 7×10×4 meter dan mempunyai daya atau kemampuan menahan beban hingga 150 kilogram. Tak hanya itu saja, para peserta juga berlatih tuk lebih cepat dalam hal mengisi air.

Peserta sedang praktik melipat Air Cushion

Sekitar pukul 12.00, para peserta ishoma terlebih dahulu. Mereka diberi waktu untuk salat dan untuk makan siang diberi waktu sekitar 4 menit. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan SCBA (Self Contained Breathing Apparatus) yaitu peralatan bantu pernapasan yang biasanya berisi oksigen.

Peserta sedang makan siang

Tak hanya itu saja, para peserta juga diberi pelatihan tentang Fire Blanked, pemadaman dasar, pemadaman dengan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), ketangkasan tali temali, dan tak lupa juga tentang tata cara penyelamatan dengan Air Cushion.

Salah satu peserta mempraktikan penanganan dengan fire blanked

Peserta bersalaman dengan komandan dan instruktur

Kegiatan ditutup dengan coffee break, kesan-kesan peserta diklat, dan ramah tamah antar peserta diklat dengan para komandan dan instruktur. (Fajar)

Foto dan liputan by @lovesuroboyo (Fajar)

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.