BUDAYA

Wong Suroboyo iku?

Love Suroboyo – Apa kesan yang pertama kali muncul dibenak anda jika mendengar kata wong Suroboyo? Pasti, akeh sing ngomong omongane kasar, sering misuh, mek bondo nekat dan banyak hal negatif lainnya. Tidak salah memang karena semua hal tersebut identik dengan wong Suroboyo. Namun, menurut penulis masih ada potensi tersembunyi dari wong Suroboyo Mengapa demikian ?

Pertama, tipikal wong Suroboyo sendiri adalah pekerja keras. Istilahnya tidak gampang menyerah, karena penulis merupakan seorang bonek. Bisa dilihat ketika Persebaya akan berlaga orang-orang akan berusaha untuk mendapatkan tiket laga persebaya bagaimanapun caranya. Entah itu melalui titip teman atau berhutang terlebih dahulu yang penting tiket Persebaya bisa terbeli dan ada di tangan. Jika kelebihan ini bisa di maksimalkan maka saya yakin Surabaya akan menjadi kota yang terpandang di masa mendatang.

Kedua, tipikal wong Suroboyo itu berpegang teguh pada prinsip. Apapun yang mereka yakini benar maka, mereka akan mati matian mempertahankannya. Contohnya, ketika Persebaya Surabaya dipaksa mati oleh federasi PSSI waktu itu bahkan sempat terpecah menjadi 2. Bonek yang merupakan elemen suporter Persebaya tetap memperjuangkan Persebaya yang notabenenya merupakan tim yang berasal dari Surabaya. Merekapun tak gentar menghadapi PSSI. Contoh lainnya, adalah ketika rumah radio Bung Tomo akan dirubuhkan. Banyak elemen pemuda Surabaya yang ternyata masih peduli akan sejarah. Mereka menggelar aksi dan terus berjuang sampai sekarang. Jika prinsip ini terus dipegang, maka bisa jadi Surabaya akan menjadi kota yang maju di masa mendatang. Di satu sisi tidak mudah melupakan sejarah yang terdahulu karena warisan nenek moyang harus tetap dipertahankan.

Dua hal inilah yang menurut penulis bisa menjadi kekuatan tersembunyi wong Suroboyo dan akan menjadikan Surabaya kota yang maju dikemudian hari. (Yosia)

Update info seputar Surabaya follow ig @lovesuroboyo, update agenda komunitas Love Suroboyo follow ig @komunitaslovesuroboyo

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.